News Update :
Home » » Jadikan Pilkada Dogiyai Tanpa Kekerasan Politik

Jadikan Pilkada Dogiyai Tanpa Kekerasan Politik

Written By GORESAN PAPUA on Kamis, 02 Februari 2012 | 12.41

Suasana dan kiprah politik menjelang Pilkada Kab Dogiyai, mulai menampakan aktivitasnya. Berbagai upaya promosi dan tali persahabatan semakin gencar dilaksanakan.

Lobi-lobi politik aktif dijalankan. Keaktifan politik menjalan pilkada Dogiyai bisa mengarah pada nuansa kekerasan seperti trik-trik saling menjatuhkan, mencari serta mengusut-usut kesalahan, saling jegal dan rebutan simpati. Hal ini bila tidak diantisipasi sejak dini, maka bisa mengarahkan pada perilaku kekerasan politik.

Kekerasan politik meski dalam bentuknya yang paling sederhana jika punya relasi erat dengan orientasi kelompok elit politik untuk memenuhi kepentingan. Upaya pemenuhan ambisi dapat saja menghalalkan segala cara berlabelkan “demi masyarakat”. Kekerasan politik menjelang Pilkada Dogiyai bisa dilatarbelakangi oleh kiprah pelaku politik yang melihat kekuasaan sebagai segala-galanya. Karena kekuasaan yang diselimuti orientasi “mengabdi untuk masyarakat Dogiyai” sering membenarkan segala cara meski haram.

Maka menjelan rekapan suara Demokrasi dari pemilihanpun, dituntut politisi yang berwatak, berkepribadian yang netral dan adil, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia dari semua massa pendukung masing-masing kandidat, demi kedepannya Dogiyai Dou Ena menjadi dasar pembangunan di segala bidang. Politisi yang berkiprah tanpa didominasi insting kekuasaan dan kekerasan atau Aktif Tanpa Kekerasan dari kubu pendukung kandidat manapun. Aktif Tanpa Kekerasan adalah suatu daya kesadaran personal politisi, sikap hidup sekaligus sistem perubahan atas dasar kebenaran dan keadilan dalam pilkada Dogiyai yang sedang dan akan di aplikasikan oleh instansi yang terkait ( KPU). Kesadaran ini berorientasi untuk menciptakan perdamaaian, keadilan dan keutuhan serta menjaga nama baik Dogiyai secara publik dari hal yang tidak diinginkan terhadap rakyat sipil serta Dogiyai pada umumnya.

Dan pada prinsip dasarnya menghormati kehidupan sebagai prinsip mutlak dan menjaga solidaritas sesama manusia. Inilah salah satu solusi alternatif berkiprah secara baru, Aktif Tanpa Kekerasan. Politik bersifat aktif artinya agresif terhadap ketidakadilan, kesewenangan, penindasan serta kreatif menggali dan menemukan solusi pembebasan. Karena orientasi politik adalah kesejahteraan dan kebahagiaan manusia. Aktivitas politik yang murni adalah usaha menciptakan rasa aman, damai dan bahagia. Keaktifan seorang politisi harus dilandasi bisikan nurani akan tingginya martabat manusia. Kesadaran ini harus dibangun  sebagai suatu sikap hidup, suatu persiapan mental untuk berkiprah tanpa kekerasan.

Orientasi perjuangan politisi mesti berpijak di atas solidaritas dan keprihatinan akan nasib kaum tertindas, masyarakat umum. Berpolitik berarti hidup bersama dengan dan melibatkan diri dalam harapan, dukacita, kegembiraan  dan kepedihan kaum yang terpuruk kemanusiaannya. Politisi yang mengambil  sikap solider dengan dan bersama orang tertindas,kaum miskin ( masyarakat sipil)

Dari mulut politisi tersalur  jeritan kaum tak bersuara. Kalau demikian yang terjadi, maka kekuasaan sebagai amanah yang diberikan akan menjadi kesempatan untuk melayani sesama bukan sebaliknya menindas sesama dalam nuansa kekerasan. Sampai di sini menjadi jelas, berpolitik mengemban sebuah misi kemanusiaan, memanusiakan manusia bukannya merendahkan martabat manusia termasuk lawan politik oleh dorongan naluri kekuasaan belaka.

Aktivitas politik adalah aktivitas kemanusiaan, Aktif Tanpa Kekerasan. Aktif tanpa kekerasan merupakan suatu etika berpolitik dan menjadikan seorang politisi sebagai politikus sejati.

Para kandidat dan pendukung parpol pengusung harus mampu menyodorkan ide-ide yang realistis, tepat sasaran dan kontekstual sesuai dengan harapan masyarakat dalam pelaksanaan pilkada dogiyai yang sedang berlangsung ini. Karena itu, diharapkan,sejak dini, segala aktivitas tahapan pemilukada perlu dilakukan dengan Aktif Tanpa Kekerasan sebab suara adalah suarah demokrasi demi mengejar motto dogiyai “Dogiyai Dou Ena menjadi landasan utama bagi kedepannya.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. JERITAN ANAK PAPUA . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Creating Website. Inspired from Metamorph RocketTheme